Staf Sekwan DPRD Banyuwangi melakukan aktivitas pelayanan (Nurhadi/ JatimTIMES)
Staf Sekwan DPRD Banyuwangi melakukan aktivitas pelayanan (Nurhadi/ JatimTIMES)

Dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menuntaskan penyebaran Covid 19, khususnya di Kantor Sekretariat Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi sementara melaksanakan kerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Menurut H Agus Siswanto, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Banyuwangi, pihaknya selalu stand by di rumah. Namun apabila pimpinan dan anggota dewan melakukan kegiatan staf sekwan sudah mempersiapkan misalnya untuk rapat atau pers conference di ruangan komisi.

Semua kegiatan hasil Badan Musyawarah (Banmus) maupun  kunjungan kerja dari Panitia Khusus (Pansus) ditunda semua. "Dalam bulan Maret ini sudah tidak ada kegiatan keluar dan penjadwalan ulang akan dikaji. Tadi sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Ketua Dewan serta menunggu sampai dengan 29/3 sesuai dengan Surat Edaran Bupati Banyuwangi," ujar Agus.

"Kemudian untuk program pembersihan di lingkungan kantor DPRD Banyuwangi setiap dua hari sekali dilakukan penyemprotan disinfektan di ruangan-ruangan yang ada antara lain ruang pimpinan, fraksi-fraksi, komisi dan ruang yang lain di lingkungan kantor sekwan DPRD Banyuwangi," imbuh H Agus.

Selanjutnya dalam mengatisipasi barangkali masyarakat  ada yang mengajukan hearing dan kegiatan surat menyurat sekwan mengadakan jadwal piket secara bergiliran.

"Kami jadwal staf untuk piket dengan tetap mengacu aturan pemerintah yang sesuai dengan Standar Operasional Sistem (SOP) antara lain; mengenakan masker, menyiapkan hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter. Sebagian besar karyawan melaksanakan program kerja dari rumah," jelas mantan Kepala Bapenda Banyuwangi itu.