Suasana pembagian masker dan minuman kesehatan di depan Kantor PDI Perjuangan Banyuwangi. (Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Suasana pembagian masker dan minuman kesehatan di depan Kantor PDI Perjuangan Banyuwangi. (Nurhadi Banyuwangi TIMES)

Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi membagikan bantuan masker dan minuman pencegah masuknya virus corona (covid-19). Bantuan itu dibagikan di depan kantor DPC PDI Perjuangan Banyuwangi Sabtu (21/3).

Menurut I Made Cahyana Negara, ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi , kegiatan yang dilakukan itu kemungkinan persentasenya kecil dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran covid 19 di wilayah Banyuwangi. Namun, hal itu tetap penting untuk menyadarkan masyarakat akan perilaku hidup sehat.

"Saatnya masyarakat bergotong royong. Pengurus Cabang PDI Perjuangan Banyuwangi hari ini membagikan masker, telur, dan minuman kesehatan yang bisa membantu meningkatkan daya  tahan tubuh agar lebih sehat," ujar Made.

Selanjutnya politisi asal Ketapang itu menuturkan, PDI-P akan mengoptimalkan semua potensi kader partai di semua kecamatan dan desa untuk menggelar kegiatan yang sama dan memberikan pembelajaran atau edukasi kepada masyarakat Banyuwangi tentang cara yang benar dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona.

Made mengharapkan agar masyarakat tetap tenang, tidak panik, dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mengunjungi tempat kerumunan orang. Masyarakat diminta lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, sementara menjaga jarak dengan orang lain, menerapkan budaya hidup bersih dan sehat, serta selalu berdoa agar bencana penyebaran covid-19 di Indonesia segera berakhir.

Sebelum menggelar pembagian masker, telur, dan minuman kesehatan, pengurus DPC PDI Perjuangan Banyuwangi melakukan penyemprotan disinfektan dan melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan  sekretariat partai tersebut.