Kades Olehsari Joko Mukhlis mendampingi warga lakukan penyemprotan disinfektan. (Nurhadi Banyuwangi/Jatim TIMES)
Kades Olehsari Joko Mukhlis mendampingi warga lakukan penyemprotan disinfektan. (Nurhadi Banyuwangi/Jatim TIMES)

Joko Mukhlis, kepala desa (kades) Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, yang baru sekitar dua bulan memimpin desanya,  memiliki cara tersendiri dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan penyebaran corona atau covid-19 di desanya.

"Kami pemerintah desa bersama sama masyarakat sepakat untuk mengadakan penyemprotan disinfektan bersama secara serentak di lingkungan," jelasnya.

Selain melakukan sosialisasi penyebaran dan cara penanganan, kades melaksanakan program edukasi atau pembelajaran kepada warga masyarakat biar mengetahui cara penanganan dengan  bahan yang murah dan mudah didapat di toko- toko serta aturan pakainya.

Alumni SMA Katolik Hikmah Mandala Banyuwangi itu menambahkan, program penyemprotan disinfektan dilakukan secara berkala setiap tiga hari sekali bahkan kalau bisa secara rutin tiap hari.

Kemudian, kepada warga, selain mengajari cara penyemprotan, petugas  juga menganjurkan agar didiamkan selama  sepuluh menit agar kumannya mati sebelum dilakukan pengepelan. "Kami juga  menganjurkan untuk masyarakat membiasakan sebelum masuk rumah mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun," imbuh Joko.

Lebih lanjut kades yang dikenal ramah itu menuturkan program penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat tempat ibadah, majelis taklim, dan tempat umum yang biasa digunakan anak-anak kecil bermain bersama.

Selanjutnya pemerintah desa beserta lembaga yang ada di desa  mengadakan dan menyediakan hand sanitizer guna mengurangi penyebaran virus corona. Juga melaksanakan sosialisasi secara kontinyu melalui keluarga,  pengajian, atau mendatangi langsung rumah warga. "Juga menyampaikan pemberitahuan terhadap warga itu sudah kami sebarkan melalui corong masjid," ungkapnya. 

Secara umum desa menyiarkan kepada warga desa dan berupaya untuk keliling menggunakan mobil desa untuk menyiarkan tentang bahaya virus covid 19 dan cara penanggulangan maupun cara penanganannya.