Relawan Paslon Bunda Ratu-Sunariyanto Berkunjung ke Bawaslu Banyuwangi (Foto: Nurhadi/ JatimTIMES)
Relawan Paslon Bunda Ratu-Sunariyanto Berkunjung ke Bawaslu Banyuwangi (Foto: Nurhadi/ JatimTIMES)

Bunda Ratu Satiyem-Sunariyanto, tim paslon yang maju melalui jalur perseorangan mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi
Rabu (26/2).

Menurut Sunaryanto, Cawabup Calon independen tujuan awal datang ke Banyuwangi bersama tim relawan adalah ke KPU terkait dengan penghitungan manual berkas dukungan Paslon Bunda Ratu Satiyem-Sunariyanto tadi malam. Namun kedatangan tim relawan ke KPU tidak diterima karena belum ada komisioner datang dan menemui mereka meskipun menunggu cukup lama, datang jam 08.15 sampai hampir jam 11.00 siang, imbuh mantan Kades Wringinagung itu.

"Kami juga tidak mendapatkan informasi apa- apa dari KPU dengan sangat terpaksa akhirnya ke kantor Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Banyuwangi," jelas Sunaryanto.

Selanjutnya dia menuturkan kedatangannya bersama tim ke Bawaslu hanya memberikan informasi bahwa besok Bunda Ratu Satiyem bersama beberapa pendukung akan datangi Bawaslu untuk mengajukan gugatan.

"Harapan kami besok ada suatu penyelesaian yang terbaik dan tidak ada pihak yang dirugikan. Kemudian KPU  juga bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik, tidak ada niatan apapun.Kami meminta mendapatkan penjelasan yang terbaik," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi menolak berkas dukungan pasangan calon (Paslon) Bunda Ratu Satiyem-Sunariyanto, karena berdasarkan hasil perhitungan manual jumlah dukungan yang sah jumlahnya 61.218 dan sekitar 2.213 kurang lengkap sehingga belum mencukupi dari batas minimal dukungan yang ditetapkan sebanyak 85.000.