Suasana Mancing Mania Competition di Pantai Marina Boom Banyuwangi./Nurhadi /Banyuwangi,Jatim TIMES
Suasana Mancing Mania Competition di Pantai Marina Boom Banyuwangi./Nurhadi /Banyuwangi,Jatim TIMES

Ratusan pemancing Banyuwangi dan  sekitarnya mengikuti Mancing Mania Competition yang digelar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Minggu 23/2/2020.

Menurut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P)  Yulius Azz Zainal, lomba mancing yang digelar merupakan rangkaian kegiatan dalam menyongsong gelaran Internasional Dragon Boat Banyuwangi Championship (IDBBC)  April 2020 mendatang.

"Rangkaian acara diawali dengan bersih-bersih pantai, lomba dayung lokal, dan sekitar dua minggu mendatang akan menggelar lomba catur di kawasan Pantai Marina Boom," ucapnya.

Acara Mancing Mania Competition merupakan kerja sama Lanal Banyuwangi, PT Pelindo Property Indonesia (PPI), Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Pantai Boom, Kelurahan Kampung Mandar, dan kelompok nelayan yang ada di Kawasan Pantai Marina Boom.

Selain dalam rangka menyongsong gelaran IDBBC, lomba mancing ini merupakan upaya membantu program pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan Pemkab Banyuwangi "Khususnya yang terkait dengan wisata bahari," kata Yulius, yang dikenal ramah itu.

Lebih lanjut  Yulius menambahkan, melihat antusiasme peserta lomba mancing, pada Oktober 2020 mendatang,  Lanal Banyuwangi bekerja sama dengan para pihak akan menggelar lomba mancing tingkat internasional di kawasan Selat Bali, Banyuwangi.

Dalam Mancing Mania Competition, para peserta mendapatkan waktu sekitar dua jam. Hasilnya, juara 3 diraih oleh Wawan yang berhasil memancing ikan bedul seberat 0,35 kg. Runner Up ditempati  Toni yang berhasil mengail Ikan cumi-cumi  dengan berat 0,45 kg. Sedangkan juara pertama menjadi milik Sumanto yang berhasil menangkap ikan kakap yang berat 0,6 kg.
Masing-masing juara mendapatkan trofi dan uang pembinaan.

Sebagai hadiah hiburan,  panitia juga menyediakan blender, kipas angin, magicjar, dan kompor gas. Bahkan peraih ikan terkecil pun mendapatkan hadiah dari danlanal Banyuwangi.

Sebagai pemenang lomba mancing, Sumanto mengungkapkan rasa syukur dan senang karena mampu meraih predikat juara dalam lomba macing kali ini. Ke depan dia berharap agar Banyuwangi sering menggelar lomba mancing. "Agar pariwisata Banyuwangi khususnya di kawasan pantai lebih maju dan berkembang serta mampu menyejahterakan masyarakat," kata dia.