Puan Maharani minta Anies kembalikan Monas. (Ist)
Puan Maharani minta Anies kembalikan Monas. (Ist)

Polemik revitalisasi Monumen Nasional (Monas) di tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan. Tak hanya masyarakat yang riuh menyatakan ketidaksetujuan. Ketua DPR RI Puan Maharani pun angkat bicara dan meminta agar Monas dikembalikan seperti aslinya dan tak diubah.

Perintah Puan itu langsung ditujukan ke DKI Jakarta, dengan pertimbangan, Monas merupakan ikon Indonesia, bukan hanya milik ibu kota. "Monas itu ikon penting bagi Indonesia, bukan hanya DKI Jakarta. Oleh karena itu, jangan ubah dan kami minta kembalikan dan maksimalkan Monas seperti dulu," tegasnya.

Seperti diketahui, revitalisasi Monas di tangan Anies dibarengi dengan tindakan pencabutan sekitar 190 pepohonan di area selatan Monas. Hal tersebut membuat sisi selatan terlihat gersang. Pemprov DKI Jakarta rencananya akan memindah ratusan pohon tersebut, sementara area itu akan dibangun mall atau plaza.

Meski demikian, belum ada tanggapan dari Pemprov DKI Jakarta maupun Anies secara pribadi terkait imbauan yang diberikan Puan.