Kapolda Jatim Irjen pol Luki Hermawan berfoto bersama usai mengukuhkan Polresta Banyuwangi
Kapolda Jatim Irjen pol Luki Hermawan berfoto bersama usai mengukuhkan Polresta Banyuwangi

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengukuhkan kenaikan tipe Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi, Senin (25/11/19). Pengukuhan dilakukan di Polresta Banyuwangi dengan ditandai penekanan tombol untuk membuka layar bertuliskan Polresta Banyuwangi.

Proses pengukuhan Polresta Banyuwangi, diawali dengan serah terima jabatan Kapolres Banyuwangi dari AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi kepada AKBP Arman Asmara Syarifuddin. Dua perwira menengah ini bertukar jabatan sebagai Kapolresta Banyuwangi dan Wadirkrimsus Polda Jatim.

"Atas doa dari para ulama dan habaib setelah melalui perjuangan, kerja keras dan setelah dilakukan penilaian dari tim pusat akhirya Polres Banyuwangi telah dikukuhkan menjadi Polresta Banyuwangi," ujar Kapolda.

Pengukuhan Polresta Banyuwangi ini disaksikan seluruh Kapolres di jajaran Polda Jawa Timur. Di Jawa Timur ada dua Polres yang naik tipe menjadi Polresta yakni Banyuwangi dan Polres Malang Kota.

"Dengan status Polresta, pejabat Kapolresnya juga ganti. Jika tadinya pangkat AKBP dengan eselon  II/b3 menjadi eselon II/b2 yaitu menjadi Kombes," jelasnya.

Dengan peningkatan tipe ini, lanjutnya, tugas dan tanggungjawab lebih berat. Perkembangan pesat perekonomian di Jawa Timur dan destinasi wisata di sini bukan lagi domistik tetapi juga mancanegara.

"Ini menjadi prioritas. Setiap perkembangan yang semakin pesat dan banyaknya pengguna wisata umumnya pelaku kejahatan juga sejalan akan ada peningkatan," tegasnya.

Polresta Banyuwangi merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat dan pemerintah setempat. Karena tanpa dukungan masyarakat dan Bupati Banyuwangi dia meyakini semua ini tidak akan terlaksana. Sebab, Polres ini berkesinambungan dengan pemerintah daerah.

"Kami berharap masyarakat dan juga titip pada Bapak Bupati untuk selalu bersinergi, selalu bekerja sama TNI Polri  dan mudah-mudahan kedepan semakin baik," ujarnya.