UAS klarifikasi terkait ramainya isu dirinya mengharamkan main catur (Ist)
UAS klarifikasi terkait ramainya isu dirinya mengharamkan main catur (Ist)

Ustaz Abdul Somad atau UAS terus menjadi sorotan publik. Setelah ramai atas tausiyahnya di KPK, berbagai kontroversi juga lagi-lagi muncul. Terbaru, perihal bermain catur yang menurutnya haram.

Sontak saja hal itu menjadi polemik di dunia maya dengan berbagai komentar dan meme dari warganet. UAS pun akhirnya jadi "bulan-bulanan" terkait ramainya fatwa haram bermain catur.

@Tansyah5 menuliskan meme terkait itu, "Kalau main Catur jangan bilang SKAK MAD tapi SKAK DUL.. biar gak haram," cuitnya, Senin (25/11/2019).

Meme lainnya datang dari @NormanAhmad6 yang menuliskan, "Main catur itu HARAM! Mengapa...? Karena dimana-mana kuda itu makannya rumput, bukan makan menteri apa lagi benteng. Monmaap, hanya sekedar mengingatkan...mad....#somad!," cuitnya.

Sebelum ramai masalah main catur haram, UAS pun banyak menjadi sasaran warganet terkait film Korea. Dalam videonya, UAS menyampaikan menonton film korea itu kafir bagi umat muslim.

"Jangan suka kepada orang kafir. Siapa yang suka pada orang kafir, maka dia bagian dari kafir itu. Condong hatinya kepada orang kafir. Maka nontonlah qari. Cari di Youtube, banyak yang qari untuk anak gadis. Yang lajang tonton qari,” ucap alumnus Al-Azhar Mesir ini.

Hal itu pula yang langsung disambar warganet secara ramainya. Misal, akun @RasMuha85008336, "Film Drama Korea Haram....Main Catur Haram...Knapa gak sekalian Ente Bilang INTERNET Haram..???#WARAS???," cuitnya.

Airin_NZ juga mencuitkan, "Nonton Korea Haram. Main Catur Haram. Lu pikir lu doang bsa ngomong soal Halal &Haram? Prhari in gw & kluarga gw juga ud mngharamkn utk nonton smw ceramah lu trmksd ceramah isinya bnyk menghina fisik org lain hingga mngharamkn hal2 yg lucu," ujarnya.

Ramainya meme, kritik keras sampai perundungan menjurus pada persoalan fisik masih terus bermunculan dalam berbagai tagar di media sosial. Hal ini pula yang membuat UAS akhirnya angkat bicara. Khususnya, terkait isu haram bermain catur yang begitu ramai diperbincangkan.

"Abdul Somad mengharamkan catur. La ilaha illallah. Itu kan ceritanya 2017. Dua tahun lalu ada yang bertanya, bagaimana pak ustaz suami saya main catur sampai enggak mencari nafkah, sampai nggak salat," kata UAS dalam video. 

Dari pertanyaan itulah kemudian UAS memberikan jawabannya. Dia menyampaikan, bila dalam kasus tersebut sesuai Imam Hanafi maka jatuhnya haram. Namun Imam Syafii menjatuhi hukum makruh. 

"Maka menurut Imam Hanafi kalau di dalamnya ada unsur judi, melalaikan salat maka jatuhnya haram, kalau Syafi'i makruh saja," ungkapnya.

UAS yang juga mengatakan, tausiyah tesebut digelar di  Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, 2 tahun lalu. Namun, ternyata video tentang catur tersebut justru dipotong oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, muncul persepsi bahwa UAS mengharamkan bermain catur.

"Tapi kok ada orang yang bukan gagal paham, kalau ada orang gagal paham kita kasih paham. Ada orang yang cari makan, ditulis, dipotong, diobrak-abrik untuk menambah viral," pungkasnya.