Petugas BP2D saat melayani Wajib Pajak di Kantor BP2D. (Igoy/MalangTIMES)
Petugas BP2D saat melayani Wajib Pajak di Kantor BP2D. (Igoy/MalangTIMES)

Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, telah banyak menetaskan berbagai inovasi dalam upaya pengoptimalan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak. Inovasi-inovasi yang dimunculkan, dinilai efektif dan berimbas pada peningkatan PAD. 

Keberhasilan dan inovasi-inovasi tersebut, juga menarik perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Pemda) lain dari berbagai penjuru Indonesia. Melalui dinas-dinas pemungut pajaknya, pemda-pemda lain melakuman studi banding di BP2D Kota Malang.

Beberapa program yang ingin ditiru dan diadopsi, misalnya program Sunset Policy. Pemutihan denda pajak untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) itu berhasil meningkatkan kepedulian dan ketaatan warga membayar pajak. Juga inovasi tim pemeriksa pajak, adanya operasi gabungan dengan berbagai unsur, serta inovasi lainnya.

Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto melalui Kabid Penagihan dan Pemeriksaan BP2D Pemkot Malang, Dwi Cahyo TY membenarkan soal tingginya intensitas studi banding pemda-pemda lain ke organisasi eks Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang itu. 

"Sudah sering BP2D didatangi dari daerah lain untuk saling sharing karena program kita (BP2D) yang inovatif. Hampir setiap minggu ada yang datang," paparnya.

Cahyo mencontohkan daerah-daerah yang datang untuk studi tiru. Di antaranya dari Pemda Jembrana, Bali, Pemda Tangsel, Pemda Berau, Kaltim, Pemda Blitar Kota, Pemda Semarang, Pemda Cirebon, Pemda Banguwangi dan beberapa daerah lainnya.

"Bahkan kita juga sempat jadi narasumber saat beberapa waktu lalu ada Bapenda dari satu daerah pertemuan di Malang," jelasnya. 

Menurut Cahyo, daerah-daerah tersebut umumnya mencari informasi untuk program sunset policy, adanya tim pemeriksa pajak, serta adanya penindakan-penindakan dengan melibatkan tim operasi gabungan.

"Kalau seperti daerah Banyuwangi, kan sempat mengadopsi program seperti Sunset Policy, tapi di sana namanya lain," pungkasnya

Dengan banyaknya pemerintah dari daerah lain yang  berkunjung ke BP2D Kota Malang, membuat pihaknya akan berupaya lebih keras lagi. Terutama, membuat terobosan-terobosan yang semakin mampu mendongrak pendapatan daerah Kota Malang.