Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: istimewa)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: istimewa)



Melalui cuitan Twitter, Juru Bicara Prabowo Subianto,  Dahnil Azhar Simanjuntak, sempat menyatakan bahwa ketua umum Gerindra yang kini menjadi menteri pertahanan itu bakal tak menerima fasilitas negara seperti gaji. Itu karena niat Prabowo semata-mata mengabdi kepada negara.

Namun, rencana itu tidak akan terealisasi karena terbentur aturan.  Prabowo tetap diharuskan mengambil gajinya karena sudah tertuang dalam peraturan pemerintah (PP).

Gaji menteri ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Menteri Negara dan Bekas Menteri Negara serta Janda/Dudanya sebagaimana telah beberapa Kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1993.

Lantas, berapa gaji gaji pokok menteri per bulan? yakni Rp Rp 5.040.000. Lalu menteri juga mendapat tunjangan yang diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No 68 Tahun 2001.

Sesuai keppres ini, menteri negara menerima tunjangan sebesar Rp 13.608.000 setiap bulan. Dengan demikian penghasilan yang diterima menteri berjumlah Rp 18.648.000 per bulan.

Hal ini pun sudah diluruskan oleh Prabowo bahwa dirinya akan tetap menerima gaji itu sesuai dengan PP. Nantinya gaji itu bisa saja dia sumbangkan ke yayasan sosial dan sebagainya.

“Ya, UU mengatakan begitu, kita terima. Ya digunakan, kapan kita menggunakan dan untuk apa kan ada,” kata  Prabowo. “Pokoknya masa kita tidak terima gaji. Kita akan terima gaji dan itu kita pakai untuk keperluan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Selain itu, Prabowo  memastikan akan menggunakan mobil dan rumah dinas yang disediakan oleh negara untuk menhan.

Mengetahui hal itu, Dahnil Azhar Simanjuntak meluruskan hal tersebut. “Tidak ada yg miskom. Pernyataan ini dibuat Pak @prabowo setelah disampaikan pihak @Kemhan_RI dan sekretariat negara bhw Gaji dll harus diterima, dan dipersilahkan kepada beliau untuk menggunakannya untuk disumbangkan atau lainnya. Maka, beliau taat aturan dan azas. Terimakasih,” tulisnya dalam cuitan Twitter.

 


End of content

No more pages to load