Jenazah korban hendak dibawa pulang usai menjalani otopsi.

Jenazah korban hendak dibawa pulang usai menjalani otopsi.



Penyebab kematian Suwati (52), warga Lingkungan Watu Ulo, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, masih menjadi misteri. Apakah perempuan ini meninggal dunia akibat terjatuh di parit belakang rumahnya ataukah ada unsur kesengajaan dari orang lain. Namun, pihak rumah sakit sudah menyimpulkan kematian Suwati disebabkan perdarahan di otak.

"Ada luka memar pada daerah kepala kiri belakang. Setelah kami lakukan pemeriksaan dalam atau otopsi, ada perdarahan di dalam otak," kata dokter forensik RSUD Blambangan dr Sholahudin ditemui usai otopsi, Selasa (29/10/19) malam.

Dia menambahkan, perdarahan di dalam otak ini diakibatkan adanya trauma pada benda tumpul. Sholahudin menegaskan perdarahan inilah yang menjadi penyebab kematian korban. Mengenai benda tumpul yang dimaksud, dia mengatakan harus dikroscek dengan hasil olah TKP (tempat kejadian peristiwa).

Selain pendarahan di otak, hasil pemeriksaan luar juga menemukan adanya luka bakar yang bersifat termis. Luka bakar termis ini, menurut Sholahudin, bukan berasal dari api. Dia mencontohkan penyebab luka bakar termis adalah air panas. Luka bakar ini terjadi hampir di sekujur tubuh korban.

Saat ditemukan, korban Suwati diperkirakan sudah meninggal cukup lama. Sebab, di tubuhnya sudah mulai muncul lebam mayat dan kondisi mayat sudah mulai membengkak. "Kalau melihat kondisinya, kira-kira sudah (meninggal) satu atau dua hari sebelumnya," kata Sholahudin terkait perkiraan meninggalnya korban.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Glagah AKP Imron menyatakan, pihaknya belum berani menyimpulkan apakah korban meninggal dunia karena unsur kesengajaan ataukah tidak. Saat ini dirinya masih fokus melakukan penyelidikan terkait kasus ini.

"Kami masih mengumpulkan bukti-bukti atau saksi-saksi. Kami belum bisa menyimpulkan apakah kematian itu karena unsur kesengajaan dari seseorang atau seperti apa kita belum bisa menyimpulkan," ujarnya. 


End of content

No more pages to load