Pengasuh Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang KH Abdussalam shohib (Gus Salam) saat diwawancarai di kediamannya. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Pengasuh Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang KH Abdussalam shohib (Gus Salam) saat diwawancarai di kediamannya. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)



Abdul Halim Iskandar resmi masuk jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Ditunjuk sebagai menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (mendes PDTT) oleh Presiden Joko Widodo, Halim Iskandar mendapat pesan khusus dari pihak keluarga.

Halim merupakan keluarga besar Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang. Dia keturunan keempat atau cicit dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri. Halim Iskandar juga kakak kandung dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Dipilihnya Halim Iskandar sebagai pembantu presiden di Kabinet Indonesia Maju menjadi kabar bahagia bagi keluarga Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar.  Pihak keluarga merasa bangga ada kerabat Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar yang masuk di jajaran menteri Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kami tentu merasa bangga ada salah satu keluarga dari Pondok Denanyar ditunjuk oleh Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf untuk membantu dan diberi amanah sebagai menteri," ujar pengasuh Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang KH Abdussalam Shohib (Gus Salam) di kediamannya, Rabu (23/10) siang.

Di mata keluarga, Gus Salam menyebut Halim Iskandar merupakan sosok yang komitmen terhadap jabatan atau kerja yang diamanahkan kepadanya. Halim Iskandar juga dinilai sebagai pribadi yang sederhana.

"Beliau ini ketika diberi tugas selalu fokus dan profesional. Dan secara pribadi beliau ini orang yang sederhana. Komitmennya terhadap bangsa dan negara dan NU ini tidak diragukan," ujar paman Halim Iskandar ini.

Menurut Gus Salam, Halim Iskandar cocok diberi jabatan mendes PDTT. Pasalnya, pribadi suami  Lilik Umi Nasriiyah itu sudah akrab dan paham kehidupan di desa. "Beliau ini kan lahir di desa. Sebagai orang pesantren, pasti memahami karakter orang desa. Saya kira beliau sangat memahami karekter orang desa itu seperti apa, problematika orang desa itu apa, dan kebutuhan orang desa itu apa," tandasnya.

Sementara itu, sebagai keluarga, Gus Salim menitipkan pesan khusus kepada Halim Iskandar yang telah diamanahi sebagai mendes PDTT oleh Presiden Jokowi. Ia berpesan agar keponakannya itu bisa menjalankan tugas dengan jujur dan komitmen.

"Tentu kami berharap beliau terus menjaga kejujuran, kemudian komitmen dan tanggung jawab. Sebagai seorang santri, amanah menjadi seorang pejabat itu sebagai lahan untuk mengabdi ke masyarakat yang berarti ibadah," pungkas nya.


End of content

No more pages to load