Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah



Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tinggal menghitung hari. Aparat keamanan sudah menyiapkan skenario pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Sejumlah potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkades juga sudah dipetakan.

"Kemarin kita suda petakan, indeks potensi kerawanan kita lihat dari hasil seleksi (bakal calon Kades) yang dilakukan kemarin. Dipetakan ada 14 Desa di beberapa kecamatan yang berpotensi terjadi kerawanan," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Jumat (20/9/19).

Dijelaskan Taufik, dari 130 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak, ada 305 bakal calon yang mengikuti tes seleksi. Dari jumlah itu ada 100 orang yang tidak lulus seleksi. Dari hasil pemetaan yang dilakukan terdapat 14 desa yang dinyatakan rawan. Karena hasil seleksi yang tidak sesuai dengan harapan para calon tersebut.

"Ini menjadi perhatian khusus. Ini tindak lanjutnya akan kita perketat di tempat itu. Ditempatkan beberapa anggota lebih dari pengamanan yang ada di tempat lain," jelasnya.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkades serentak ini menurut Taufik ada 800 personel lebih. Selain itu, Polres Banyuwangi juga mendapatkan BKO personil dari Polres tetangga seperti Jember, Situbondo, Bondowoso.

"Kita juga mendapatkan bantuan personel dari Polda Jawa Timur untuk perkuatan. 14 desa itu diperbanyak personelnya. Kalau dulu satu TPS satu personel sekarang bisa 2 orang (tiap TPS)," tegasnya.
 


End of content

No more pages to load